Bangun Kolaborasi Literasi, FLP Jatim Bertandang ke Dewan Kesenian

0
365
FLP Jatim bertandang ke Dewan Kesenian

Forum Lingkar Pena (FLP) Jawa Timur melakukan kunjungan literasi ke Dewan Kesenian Jawa Timur, Selasa (8/3/2022). Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Ketua FLP Jatim Muchlisin BK. Ia didampingi oleh Chairi Sulaiman (Wakil Ketua), Ratna W. Anggraini (Sekretaris), Novi Larasati (Kordiv Kaderisasi), dan Rizal Kurniawan (Humas).

Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Presidium Dewan Kesenian Jawa Timur Nonot Sukrasmono dan Luhur Kayungga. Hadir pula Supriyadi (Sekretaris Eksekutif) dan Wahyu (Humas).

Sekretaris Eksekutif Dewan Kesenian Jawa Timur Supriyadi membuka kunjungan literasi tersebut dengan memperkenalkan pengurus Dewan Kesenian Jawa Timur. Ia juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan FLP Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Presidium Dewan Kesenian Jawa Timur Nonot Sukrasmono menyambut baik gerakan literasi yang dilakukan oleh FLP Jawa Timur.

“Saya titip generasi muda kita diarahkan agar mereka suka membaca. Memang sekarang di sekolah-sekolah terutama SMA, jam pertama diisi dengan literasi. Namun, itu belum cukup. Apalagi di era digital yang mereka lebih banyak berinteraksi dengan gawai,” kata pria yang berprofesi sebagai guru seni rupa di Sidoarjo ini.

Nonot juga menyoroti adanya novel-novel putih yang menyasar anak-anak muda. Ia berharap FLP Jawa Timur menyajikan bacaan-bacaan yang positif sehingga anak-anak muda terhindar dari konten negatif terutama yang beredar melalui internet.

Ketua FLP Jawa Timur Muchlisin BK mengawali sambutannya dengan memperkenalkan pengurus FLP Jawa Timur dan program kerja mereka. Penulis enam buku solo ini menyampaikan terima kasih kepada Dewan Kesenian Jawa Timur yang selama ini berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan kehidupan kesenian di Provinsi Jawa Timur.

Lebih jauh ia menyampaikan FLP Jawa Timur siap memenuhi harapan Dewan Kesenian Jawa Timur. Selain menulis dan menerbitkan karya, FLP juga memiliki perpustakaan Rumah Cahaya di beberapa cabang yang memfasilitasi anak-anak muda agar gemar membaca.

“Di beberapa Kabupaten/Kota, FLP juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam memberikan pelatihan menulis. Kita dorong para pelajar untuk tidak hanya gemar membaca tetapi juga suka dan bisa menulis,” kata Muchlisin.

flp jawa timur kunjungi dewan kesenian jawa timur

“Terkait penjagaan moral dalam literasi, ini sangat sesuai dengan apa yang selama ini diusung oleh Forum Lingkar Pena yakni literasi berkeadaban. Bahkan tema Milad ke-25 FLP saat ini adalah mengokohkan kearifan lokal di era digital, kiprah 25 tahun literasi berkeadaban FLP,” lanjutnya.

Baca juga: Kunjungan Literasi, FLP Jatim Terima Kiat Sukses Radio SS

Presidium Dewan Kesenian Jawa Timur Luhur Kayungga juga menyambut baik gerakan literasi berkeadaban yang diusung FLP.

“Generasi muda kita perlu didampingi dan difasilitasi dengan seni dan sastra seperti ini,” ujarnya.

Sebagai bentuk kolaborasi, Dewan Kesenian Jawa Timur mengajak anggota FLP untuk mengirimkan tulisannya ke Dewan Kesenian Jawa Timur. Baik untuk Majalah Suluk, Majalah Kidung, Majalah Kritik Seni, maupun website. Selain akan mengundang FLP dalam forum-forum terkait, Dewan Kesenian Jawa Timur juga siap menjadi nara sumber untuk acara-acara FLP Jawa Timur.

Baca juga: Kunjungi Balai Bahasa Jatim, FLP Jatim Bangun Kolaborasi Literasi

Sebelumnya, FLP Jawa Timur telah melakukan kunjungan literasi ke sejumlah instansi pemerintah dan media. Antara lain Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Radio Suara Surabaya, Radar Gresik, dan Radio Suara Gresik. [mbk]

Konten sebelumnyaKunjungan Literasi, FLP Jatim Terima Kiat Sukses Radio SS
Konten berikutnyaUang Terakhir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini