FLP Cabang Nganjuk Hadiri Pembahasan Rancangan Renstra dan Renja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kab. Nganjuk

82

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Nganjuk mengadakan Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Pembahasan Rancangan Renstra PD Tahun 2024-2026 Rancangan Renja PD Tahun 2024, Jum’at, 10 Februari 2023. Kegiatan itu dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Nganjuk yang diwakili oleh Bappeda kab. Nganjuk, PKK Kab. Nganjuk, lembaga akademisi; STKIP Nganjuk, komunitas literasi; Forum Lingkar Pena (FLP) Nganjuk, IGMPL (Ikatan Guru Madrasah Pegiat Literasi), komunitas pecinta sejarah Nganjuk, Kepala Desa, dan beberapa perwakilan lembaga lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bapak Putu Winasa, S. H., MM., akan menitikberatkan pada pentingnya kemampuan dan penerapan kearsipan yang benar terutama untuk OPD di Kabupaten Nganjuk. Beliau juga menyampaikan bahwa Arsip adalah aset, serta menjadi memorandum bangsa. Bayangkan jika tidak ada pengarsipan, bagaimana bangsa ini mengetahui sejarahnya. Contohnya untuk Kabupaten Nganjuk sendiri, memerlukan penelitian keberlanjutan untuk menentukan hari jadi Kabupaten Nganjuk. Tentu semua berdasarkan arsip-arsip yang ada. Permasalahan-permasalahan yang banyak ditemui adalah arsip-arsip ini tercecer di berbagai tempat, sehingga menjadi penghambat dalam sebuah keperluan kearsipan. Maka dari itu, beliau mengajak kepada OPD Nganjuk khususnya untuk melaksanakan pengarsipan yang baik. Pentingnya pengarsipan lainnya adalah sebagai bukti pengakuan sebuah karya. Sebuah karya bisa saja akhirnya banyak yang mengklaim dari berbagai pihak, maka yang akan diakui sebagai pemilikinya adalah yang memiliki arsip kepemilikan seperti HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Peserta Forum banyak memberikan masukan dan saran. Tentu inilah yang diharapkan dari terselenggaranya kegiatan ini. Masukan dan saran yang membangun akan menambah optimalisasi Renstra dan Renja. Salah satunya adalah masukan dari Komunitas kepenulisan FLP Cabang Nganjuk. FLP Cabang Nganjuk berharap akan ada banyak kerjasama dalam berbagai kegiatan guna mewujudkan misi FLP meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat. Hal ini sejalan dengan harapan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kab. Nganjuk yang juga menginginkan adanya peningkatan budaya literasi membaca. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Nganjuk juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada FLP Cabang Nganjuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan untuk kegiatan literasi sehingga tujuan bersama itu akan terwujud. Meningkatkan Budaya literasi membaca dan menulis di Kab. Nganjuk.

Penulis; Mama Aghnia, FLP Nganjuk

Konten sebelumnyaSpemdalas dan FLP Jatim Teken MoU Pengembangan Budaya Literasi
Konten berikutnyaPelajaran Self Driving Sesungguhnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini