FLP Kediri Sinergi Satu Aksi dalam Literasi Lintas Desa

1
175
sumber: Instagram FLP Kediri

Minggu, 12 Maret 2022, FLP Kediri bersama PKPT IPNU-IPPNU dan Saung Ilmu melalui sinergi satu aksi mengadakan kegiatan Literasi Lintas Desa di desa Laharpang, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Literasi Lintas Desa (LLD) digagas sebagai bentuk kecintaan pada Kediri.  Dimulainya kegiatan Literasi Lintas Desa bertepatan dengan peringatan Sewindu Pasca Letusan Kelud dan Bulan Peringatan Hari Jadi Kediri. Momentum tersebut menambah semangat teman-teman relawan yang terjun langsung dalam kegiatan tersebut.

Literasi menjadi medium dalam melaksanakan kegiatan karena sasaran utamanya adalah anak-anak usia sekolah dasar. Kegiatan dilaksanakan setiap pekan selama 12 pekan dan beberapa pekan kegiatan terlaksana saat bulan Ramadan. LLD dimulai dengan pembukaan dan doa kemudian anak-anak didampingi teman-teman relawan membaca buku selama 15 menit. Selanjutnya, mereka baru memulai kegiatan inti belajar Ms. Word sesuai dengan yang ingin mereka kuasai. Setelah itu mereka melanjutkan kegiatan sesuai materi pada pekan tersebut. Pada pekan ke-4 misalnya anak-anak membaca puisi-puisi anak karangan Abinaya Ghina Jameela dan kemudian membaca secara bergantian di depan. Baik anak-anak dan teman-teman relawan bergantian membaca di depan dengan penuh antusias dan keriuhan.

Sumber: Instagram FLP Kediri

Mungkin dalam waktu singkat manfaat kegiatan tersebut masih sebatas keterampilan mengoperasikan komputer terutama program Office. Respon dari peserta maupun relawan memberikan sangat baik terhadap kegiatan tersebut. Abel (10) menyampaikan kalau di senang belajar bersama kakak-kakak di Saung Ilmu dengan materi yang berbeda di sekolah. Aynut Dhobit, salah satu penggagas Saung Ilmu menyampaikan bahwa dengan adanya LLD mendukung program pemberdayaan di sektor pendidikan sebagai bekal bagi anak-anak yang kelak akan menjadi garda terdepan membangun desa.

Tujuan mengajak anak-anak bergiat dalam literasi di tempat tinggal mereka salah satunya agar lebih menanamkan kecintaan terhadap kampung halaman. Harapannya, di masa depan mereka akan menjadi generasi penerus yang mampu menjaga dan memajukan tempat mereka tinggal dan bangsa Indonesia. Literasi Lintas Desa memiliki arti penting bagi semua pihak yang terlibat dan kedepannya bisa ditularkan ke daerah lainnya di Kediri.

M. Ziyan Takhqiqi A. Divisi Karya FLP Kediri. Sedang jadi admin blog FLP Kediri yang bisa diintip di flpkediriraya.wordpress.com.
Konten sebelumnyaCerpen: Jarik
Konten berikutnyaMenjaga Keteguhan dalam Kejujuran

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini