Semua Berawal dari Coretan Pena

107

Semua Berawal dari coretan pena merupakan tema yang diusung dalam kegiatan seminar motivasi menulis. Kegiatan ini menjadi kegiatan perdana bagi FLP cabang Nganjuk. FLP cabang Nganjuk sendiri membidik kegiatan ini untuk siswa-siswi guna mengenalkan literasi sejak dini kepada anak-anak. Terlebih, kegiatan ini menjadi sarana mengenalkan kepada anak-anak tentang manfaat-manfaat menulis dan bagaimana menjadi penulis. Kegiatan ini dilaksanakan di MI Sabilillah Tanjung kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk.

Pematerinya adalah bu Novi Larasati, Koordinator Divisi Kaderisasi FLP Wilayah Jawa Timur. Beliau merupakan seorang penulis dan jurnalis. Dunia tulis-menulis telah digelutinya selama 26 tahun terhitung hingga saat ini. Beliau juga seorang pendidik di salah satu sekolah di kota tempat beliau tinggal, Sidoarjo. Sudah puluhan karya kepenulisan yang ditelurkan. Buku terbarunya yang berjudul Kemuning mengangkat tema sosial dengan kompleksitas masalah hidup.

Materi yang dibawakan kali ini adalah tentang penulis cilik. Kegiatan berlangsung sangat interaktif. Bu Novi memberikan tips-tips cara mudah memulai menulis untuk anak-anak. Termasuk bagaimana merangkai tulisan memiliki cerita. pada dasarnya semua cukup bermula dengan secarik kertas dan pena. Pesan yang beliau sampaikan pada anak-anak adalah jangan malu menunjukkan tulisan kita kepada orang lain. Menulislah apapun yang kamu harapkan dan apapun yang telah kamu lakukan. Tunjukkan tulisan itu kepada teman-teman, mintalah mereka membacanya. Maka semakin lama, tulisan kita pasti akan menarik minat teman-teman membacanya.

Ke depannya, sebagai praktik menulis dan menghasilkan karya, pihak sekolah akan mengkoordinir karya peserta seminar untuk dipamerkan di mading,  dan tidak menutup kemunkinan akan bukukan menjadi buku antologi.

Kegiatan ini berjalan sangat meriah dengan adanya dukungan dari pihak-pihak yang membantu memberikan doorprize, mulai dari snack, hadiah peralatan menulis, uang saku, dan tidak kalah menyenangkan yaitu partisipasi dari Rocket Chicken Kertosono yang menjadi sponsor dalam kegiatan ini. Rocket Chicken kertosono memberikan paket produk yang diberikan kepada peserta terfavorit. Mereka juga membuka stand di depan aula tempat kegiatan berlangsung.

Satu hal lagi yang menarik. Di awal sebelum menyampaikan materi,  bu Novi Larasati bertanya kepada siswa-siswi peserta, adakah yang bercita-cita menjadi penulis. Ternyata tidak genap lima jari yang mengangkat tangan. Nah, setelah peserta menyimak materi yang disampaikan dan telah mengikuti sesi tanya jawab Bu Novi menanyakan kembali pertanyaan yang sama. Luar biasa, yang mengacung jadi banyak. Artinya, anak-anak telah mendapatkan pemahaman, mengerti dan tertarik. Semoga kegiatan ini bisa mendongkrak semangat siswa-siswi MI Sabilillah untuk terus berkarya melalui tulisan.

Konten sebelumnyaKetika Rencanamu Ambyar!
Konten berikutnyaPengukuhan FLP Cabang Pamekasan Ranting Karang Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini