Teroka Bentala Sarwa

0
182
Teroka Bentala Sarwa antologi pentigraf

Judul: Teroka Bentala Sarwa; Antologi Pentigraf
Penulis: Forum Lingkar Pena Wilayah Jawa Timur
Penerbit: Haura Publishing
ISBN: 978-623-320-470-5

Teroka Bentala Sarwa merupakan buku antologi pentigraf karya anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Jawa Timur. Buku ini berisi 109 pentigraf yang ditulis oleh 85 pentigrafis.

Pentigraf merupakan akronim dari cerpen tiga paragraf. Ia merupakan karya sastra jenis baru yang kali pertama digagas dan dikembangkan oleh sastrawan dan akademikus dari Unesa, Dr. Tengsoe Tjahjono.

Sesuai namanya, pentigraf hanya berisi tiga paragraf dan tidak lebih dari 210 kata. Terobosan fiksi yang singkat ini memungkinkan pembaca dapat menyiasati kesibukan dan alasan malas serta tidak sempat membaca buku.

Teroka Bentala Sarwa dapat diartikan jelajah semua kejadian di alam semesta. Tersusun dari tiga kata; teroka artinya jelajah, bentala artinya bumi, dan sarwa artinya semesta.

Baca juga: Sabar Menanti Buah Hati

“Membaca pentigraf dalam Teroka Bentala Sarwa ini pembaca diajak untuk menjelajah alam semesta dengan berbagai peristiwa yang terjadi di dalamnya. Terdapat 109 pentigraf dari 85 pentigrafis yang mengambil tokoh manusia, hewan, atau benda di sekitar kita. Para tokoh mewakili keresahan pentigrafis untuk menggambarkan fenomena yang kadang lupt dari indra kita. Berbagai kisah dikemas apik dalam tulisan yang tak lebih dari 210 kata.” (Divisi Karya FLP Wilayah Jawa Timur)

Konten sebelumnyaKunjungi Balai Bahasa Jatim, FLP Jatim Bangun Kolaborasi Literasi
Konten berikutnyaHaruskah Aku yang Melamarmu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini