Kenalkan Literasi Digital 4.0, FLP Sidoarjo dan Perpustakaan Sidoarjo Adakan Webinar Bersama Tasaro GK

0
173
Penguatan Literasi Generasi 4 FLP Sidoarjo

Perkembangan literasi di masyarakat Indonesia masih jauh dari target nasional, tetapi para pegiat literasi di Indonesia tidak pupus harapan dalam membangun kesadaran bersama mengenai pentingnya literasi.

Oleh karena itu, Forum Lingkar Pena Cabang Sidoarjo (FLP Sidoarjo) dan Perpustakaan Daerah Sidoarjo mengadakan webinar pelatihan “Penguatan Literasi Generasi Industri 4.0”. Acara yang dilaksanakan pada Minggu, 27 Februari 2022 ini diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Tasaro GK menjadi pelatih yang mengisi acara tersebut. Penulis fiksi Indonesia terkemuka yang dikenal dengan karyanya, Tetralogi Muhammad dan Nibiru. Antusias dari peserta begitu terasa saat beliau memaparkan materi soal pentingnya literasi di era digital seperti sekarang ini.

Penulis yang sering disapa Abah ini menjelaskan bagaimana kiat-kiat untuk para penulis. Menulis cerita fantasi memiliki cara yang sama seperti ilmu jurnalistik. Penerapan aturan 5W+1H bisa diterapkan untuk menulis cerita fantasi.

Selain menggunakan kaidah jurnalistik, penulis novel Nibiru juga menyarankan mengamati pola dari beberapa film dan novel fantasi. Kemudian dikreasikan dengan perbaikan atau memberi detail yang lebih mendalam.

Membangun imajinasi bagi para pembaca itu penting, terutama soal fantasi yang berbeda dengan yang lain. Memperkenalkan karakter dan dunia yang hendak diceritakan merupakan tugas dari penulis fantasi.

Untuk mempermudah para penulis, Tasaro GK menyarankan untuk mengangkat mitologi Nusantara guna membantu para pembaca. Selain itu, cara tersebut bisa mengangkat budaya lokal dengan sudut pandang yang berbeda pula.

Acara ditutup dengan tanya jawab. Banyak pertanyaan yang berbobot mengenai kiat menulis cerita fantasi. Acara yang dimulai dari pukul 08.30 hingga 11.00 WIB ini menjadi awal dari pembukaan inagurasi anggota baru FLP Sidoarjo.

Konten sebelumnyaPesan Cinta dari Sidratul Muntaha
Konten berikutnyaMuscab VI FLP Gresik, Umahatun Fauziyah Jadi Ketua Periode Kedua

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini